Inspirasi Hidup Seorang Penulis Tertuang dalam Blog Ini. So, Don't Miss It....

May 09, 2009

Pulsa, Kebutuhan Primer Kah??

Paket sms im3 cuma 8,000 rupiah, isinya ada 200 sms dan berlaku 1 minggu dari tanggal isi ulang (*berlaku untuk semua operator loch, dari indosat….). Kartu As salah satu product dari Telkomsel juga tidak mau kalah. Kartu As meluncurkan program sms baru, sms 100 kali gratis sms 100 kali. Laen Indosat, lain telkomsel, lain pula dengan Esia. Salah satu perusahaan milik Aburizal Bakrie (*calon mertuanye Nia Ramadhani Widodo) meluncurkan gebrakan yang spektakuler, sms dihitung per karakter untuk biayanya. Misal saja kita ngetik “I Lop U”, maka esia akan mengenakan tariff ke Anda hanya 7 rupiah saja (*Ingat, tujuh rupiah saja…). Macem-macem program yang ditawarkan oleh operator-operator yang notabene juga gak kalah seru, seperti Axis (*Dengan kekuatan broadband internetnya), XL (*Dengan kejernihan suaranya), Fren (*CDMA pertama yang bisa dibawa kemana-mana). Bagi yang tidak disebut, maaf yak…mungkin Anda harus menghubungi gue untuk negosiasi mengenai tariff iklan di blog gue (*email gue yak :dodot.ajach@yahoo.com).
Tarif pulsa sekarang ini juga tidak semahal jaman dulu. Waktu gue kuliah dulu sekali sms 350 rupiah. Mau sms pacar ajach (*Eit…jaman kuliah dulu gue gak punya pacar dink.), pake dihitung-hitung segala. Kalo sekarang, harga sms sudah murah abis. Contohnya saja, gue sekarang pake kartu IM3, yang notabene paket sms nya sangat menjanjikan murahnya di banding operator lain. Dengan duit 8,000 rupiah, gue sudah mendapatkan sebanyak 200 sms. Kalo dihitung-hitung, 1 x sms harganya 40 rupiah (*Bandingkan dengan 350 rupiah jaman dulu).
Karena terlalu murahnya tariff sms, tiap hari sms gak pernah dihitung berapa kali (*Tahu-tahu inbox penuh, kayak henpon jadul gue Nokia 3100 warna putih). Pulsa gak pernah di check. Angggap aja pulsa sms gue masih banyak. Dari kebiasaan gak ngecek pulsa itu, ternyata menjadi momok bagi gue. Sore itu gue gak ada kelas kuliah. Nah, begitu pulang kerja, langsung balik ke kost. Abis itu, gue sempetin potong rambut bentar di tukang cukur rambut (*7,000 ribu ruiah sekali potong). Selesai potong rambut, gue balik ke kost, mandi, sholat dan nognkrong dech didepan Tivi. Malam itu gue ada janji ama bunda gue tercinta. Malam itu bunda pulang kerja agak malam dan gue nawarin diri untuk ngejemput dia (*Jangan bilang-bilang bunda gue ya, ini rahasia, sebenarnya gue jemput dia karena gue kangen ama dia, kangen banget banget banget, pingin ketemu, bunda gue cantik & manis loch….).
Tiba saatnya gue jemput bunda gue. Sms dikirim “Bun, mas berangkat sekarang yak!!,. Gak berapa lama bunda balas sms gue “Iya, ati-ati ya mas…”. Gue langsung berangkat ngacir dengan motor bebek warna biru tua itu. Sekitar 5 menit perjalanan, akhirnya gue tiba dech di depan kantor bunda. Malam itu gue sengaja gak kasih tahu kalo gue udah nyampe depan kantor bunda. Gue tunggu sampe kira-kira 15 menit baru gue kasih tahu. Gue duduk diatas motor sambil buka-buka email di henpon Nokia 3100 gue. Gak berapa lama, ada sms masuk dari “chika” temen SMA gue dulu. Abis balas sms 2 kali ke “chika”, akhirnya ada bunyi aneh dari henpon gue. “Thit….”, ternyata sms gagal dikirim. Gue ulangi lagi kirim sms itu dan tetep ajach gagal. Waduh..ada apa ini yak?? Gue pikir itu masalah biasa karena kalo malam IM3 emang agak rewel (*Asli loch, bukan rekayasa). Setelah beberapa lama nunggu, akhirnya gue tersadar. Gue cek pulsa, ketik *388# dan OK. Ternyata pulsa gue tinggal 18 rupiah dan paket sms nol (*Busyett..ini rekor gue gak punya pulsa…).
Gue bingung malam ini. Gue masih duduk di atas motor dengan membawa sebuah henpon yang gak ada pulsanya. Disitu ada tukang ojek yang sedang maen catur. Gue tunggu sampe kira-kira 40 menit dari gue datang tadi. Gue bingung bin pusing. Gimana caranya gue kasih tahu bunda kalo dah sampai depan kantornya?? Gimana ya??? (*mikir nich seritanya…tik tok tik tok tik tok…..). Gak berapa lama akhirnya muncul ide gue tuk tanya ke security untuk telponnin bunda di dalam. Tapi gak ah, lagian gue gak tahu nomor extention bunda gue di kantor.
Gak berapa lama, henpon gue bunyi lagi dan itu ternyata sms dari bunda. “Mas kalo dah sampai, kasih tahu ya…. Mksh”, begitulah kira-kira sms itu. Gue malah bingung bin pusing binti pusing lagi. Gimana caranya gue ngasih tahu?? Gak ada pulsa kan.. Tanpa bingung panjang, akhirnya gue ngacir meninggalkan kantor bunda dan tancap gas sekencang-kencangnya (*Ceritanya pergi gak tahu entah kemana). Ternyata gue pergi ke depan sebuah counter dan belilah pulsa 10,000 rupiah. Begitu pulsa masuk, gue langsung sms bunda, “Bun, tunggu 5 menit yak”. Gue pun langsung ngacir balik lagi ke kantor dimana tempat bunda kerja. Dan gak berapa lama bunda pun keluar dari kantornya. Kami berduapun ngacir ke tempat kost bunda.
Ternyata oh ternyata, baru kali ini gue kehabisan pulsa selama gue kerja. Waktu gue tahu kalo pulsa gue abis, gue sangat berharap ada pulsa datang dari langit, meskipun cuma 100 rupiah. Pulsa, dikau emang udah menjadi bagian dari kehidupan gue. Mulai sekarang gue akan selalu perhatiin loe. Masukan kepada para pembuat kurikulum mata pelajaran disekolah, entah itu SD, SLTP atau SMU, mohon diperhatiin juga kalo memasukkan materi disekolah, untuk pelajaran Ekonomi, kebutuhan primer sekarang bukan 3 lagi, Sandang, Pangan dan Papan. Tapi mohon untuk ditambahkan satu lagi, “PULSA”. Pulsa salah satu kebutuhan primer yang tidak bisa gue tinggalin.

2 Comments:

Blogger UuL said...

^^ padahal klo tunggu bentar lagi pasti ade telp lho.
makasih y dah mo jemput ade malem2 gitu. makasiiih buangeett.
luph u. muuach

May 15, 2009 6:50 PM

 
Blogger DoDoT said...

Thanks Bunda...
Luph U Too.... Muach..

May 17, 2009 8:21 PM

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home